TINGKATKAN PERAN PEREMPUAN, KORPUS GENDER DAN ANAK GELAR PENGABDIAN TEMATIK

TINGKATKAN PERAN PEREMPUAN, KORPUS GENDER DAN ANAK GELAR PENGABDIAN TEMATIK

KARANGASEM-UHN Sugriwa
Menyambut hari anak Nasional tanggal 1-3 Juni 2022, UHN Sugriwa Denpasar melalui Pusat Kajian Wanita, Gender, dan Anak pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat melaksanakan pengabdian masyarakat dengan tema “Melalui Hari Anak Nasional, Kita Tingkatakan Peran Perempuan dalam Mewujudkan Keluarga Sukinah”. Pengabdian dilaksanakan tanggal 19-20 /6 di Desa Nyuhtebel Kec. Manggis Kab. Karangasem.
Pemilihan tema tersebut didasari karena peringatan HAN merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta seluruh komponen masyakat dalam mewujudkan pemenuhan hak-hak anak untuk hidup, tumbuh, berkembang serta memperoleh perlindungan dari kekerasan. Dalam hal ini seorang ibu memegang peranan penting dalam menumbuh kembangkan anak-anak di sebuah keluarga, sehingga sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ibu-ibu PKK. Kesehatan fisik dan mental seorang Ibu dalam keluarga merupakan hal yang sangat krusial.

Peserta kegiatan sebanyak 40 orang Ibu-ibu perwakilan dari masing-masing Banjar di Desa Nyuhtebel. Pada hari pertama diisi dengan penyuluhan mengenai pola asuh anak yang sehat sebagai Narasumber adalah Dr. Ida Ayu Alit Maharatni S.Psi M.Si yang merupakan founder dari Yayasan Sarve Sukinah Bhawantu. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta semakin memahami bahwa peran mereka sangat signifikan dalam mencapai keluarga yang sukinah dan sejahtera.
Dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai kesehatan reproduksi yang disampaikan oleh dr. I Made Purnama Adimerta, SpOG.subsp FER yang merupakan seorang dokter aktif pada RSUD Karangasem-Bali. Materi yang disampaikan erat berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja dan orang tua. Harapannya Ibu-Ibu PKK yang hadir saat itu dapat meneruskan informasi tersebut kepada seluruh anggota keluarga yang lain.
Pada hari kedua masyarakat diajak untuk melakukan praktek pembuatan banten jajan suci. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ni Ketut Srimaheni, S.Pd yang merupakan praktisi dalam persiapan upacara di Bali. Peserta kegiatan sangat antusias dalam kegiatan ini sebab mereka memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai aspek keagamaan dari upakara banten jajan suci.
Pada 20/7 peserta melakukan praktek pembuatan banten tumpeng pitu. Masyarakat memahami bahwa bentuk banten pada setiap tempat dapat berbeda, namun diharapkan memiliki makna dan tujuan yang sama. Narasumber yang hadir untuk membagi ilmu pada saat tersebut adalah Ida Ayu Made Artini, S.Pd.,SD.
Secara keseluruhan, Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Tematik) Pemberdayaan Perempuan tentang Keluarga Sukinah di Desa Nyuhtebel, Kec. Manggis, Kab. Karangasem oleh Pusat Kajian Wanita, Gender dan Anak Universitas Sugriwa Denpasar memberikan pandangan yang baru dan komprehensif kepada seluruh peserta yang hadir di kantor perbekel Desa Nyuhtebel tersebut mengenai peranan mereka dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera, sehat, dan bahagia.(nia)
Fotografer (nas)