TELITI TARI ABUANG, RISKA DEWI PRAWITA RAIH GELAR DOKTOR ILMU AGAMA UHN IGB SUGRIWA KE-104

TELITI TARI ABUANG, RISKA DEWI PRAWITA RAIH GELAR DOKTOR ILMU AGAMA UHN IGB SUGRIWA KE-104

DENPASAR, UHN SUGRIWA-
Badan Perwakilan Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar pada Kamis (24/3) melaksanakan ujian terbuka di Gedung Pascasarjana, Jalan Kenyeri Denpasar dengan Promovenda Ni Ketut Riska Dewi Prawita. Ujian terbuka dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 232 Tahun 2022. Sidang terbuka dipimpin oleh Prof. Dr. Dra. Relin D.E., M.Ag yang merupakan Direktur Pascasarjana.
Promovenda yang lahir di Denpasar 29 September 1989 ini bisa melaksaksanakan Ujian Terbuka setelah menyelesaikan Ujian Tertutup pada 02 Februari 2022 lalu. Promovendus secara lugas memaparkan Disertasi dengan judul “Pujasmara Dalam Tari Abuang di Desa Tenganan Pegringsingan Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem”.
Ia memaparkan disertasinya di depan Dosen Penguji, Prof. Dr, Drs.I Nyoman Suarka, M. Hum,
Prof. Dr. Drs.I Nyoman Linggih, M.Si, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M. Si, Prof. Dr. I Nyoman Yoga Segara, M. Hum, Dr. Drs. I Nyoman Alit Putrawan, S. Ag., M. Fil.H, Prof. Dr. Drs. Ketut Sumadi., M.Par, Dr. I Ketut Wisarja, S. Ag., M.Hum, Dr. Made Sri Putri Purnamawati, S.Ag., MA., M.Erg
Sesuai penelitiannya, Promovenda yang tergolong masih muda, memaparkan bahwa Tari Abuang mengandung banyak simbol dan memiliki makna Pujasmara yang dapat diinternalisasikan kepada masyarakat Tenganan Pegringsingan. Pementasan tarian ini tidak lepas dari keyakinan Tenganan dalam menganut Agama Hindu yang dipersembahkan sebagai representasi dari keindahan dan pemujaan kepada Tuhan dalam manifestas-Nya sebagai ‘Dewa Keindahan’.
Perempuan yang lahir di Denpasar ini pun menjawab setiap pertanyaan dari Dewan Penguji satu persatu dengan lugas, sehingga dirinya berhak meraih gelar Doktor dengan Predikat sangat memuaskan
dan merupakan Doktor ke-104 pada UHN IGB Sugriwa Denpasar.
Atas raihan gelar Doktornya, Direktur Pascasarjana, Kaprodi, beserta jajarannya mengucapkan selamat dan sukses. Ini diharapkan menjadi acuan bagi Karyasiswa lain agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu.
Demikian juga promovenda usai mempertahankan disertasinya,
mengucapkan terima kasih kepada Promotor, Kopromotor, Dewan Penguji dan keluarga tercinta. Dirinya bertekad akan menyempurnakan penelitian ini agar bisa dikembangkan sesuai aturan dan bermanfaat bagi dunia agama dan budaya. (1290)
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa