TALK SHOW SAMBUT PERALIHAN STATUS IHDN DENPASAR MENJADI UNIVERSITAS:  SAATNYA BERSATU-PADU PERSIAPKAN SEGALA PERUBAHAN

TALK SHOW SAMBUT PERALIHAN STATUS IHDN DENPASAR MENJADI UNIVERSITAS: SAATNYA BERSATU-PADU PERSIAPKAN SEGALA PERUBAHAN

Peralihan status Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar menjadi Universitas telah dibuktikan dengan ditandatanganinya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun 2020 tentang Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar. Menyambut kabar baik tersebut, Jumat (13/3), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IHDN Denpasar mengadakan kegiatan bertajuk Talk Show di Auditorium Kampus Ratna IHDN Denpasar. Talk Show kali ini mengambil tema “The Light of Change for a Better Future” yang memiliki arti menyambut peralihan status IHDN Denpasar menjadi Universitas sebagai cahaya perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

Acara Talk Show kali ini, sukses menghadirkan 5 Guru Besar IHDN Denpasar sebagai Narasumber, yang pertama ada Bapak Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. yang baru saja telah resmi dilantik menjadi Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, yang kedua ada Bapak Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Si., yang ketiga ada Bapak Prof. Dr. Drs. I Made Surada, MA, yang keempat ada Ibu Prof. Dr. Dra. Relin D.E., M.Ag., yang kelima ada Bapak Prof. Dr. Drs. I Nengah Lestawi, M.Si., dan dimoderatori secara langsung oleh Presiden Mahasiswa BEM IHDN Denpasar, Ida Bagus Putu Adnyana. Untuk peserta, kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pejabat struktural dan non-struktural IHDN Denpasar, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) disetiap Fakultas, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) disetiap Fakultas, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) disetiap Fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Kordinator Tingkat (Korti) di lingkungan IHDN Denpasar.

Terkait latar belakang kegiatan, Ida Bagus Putu Adnyana selaku Presiden Mahasiswa BEM IHDN Denpasar, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk refresentatif dari janji dirinya ketika kampanye yaitu menghadirkan acara IHDN Interaktif yang membahas isu atau hal-hal yang sedang hangat di dalam atau di luar kampus terutama yang berkaitan dengan Agama Hindu.

“Rembug Sastra dan Diskusi saat Rapat Orkemas adalah refresentatif dari IHDN Interaktif yang telah kami laksanakan, nah sekarang kami laksanakan kegiatan Talk Show ini untuk membahas peralihan status IHDN Denpasar menjadi UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar” Ungkapnya.

Dalam kegiatan Talk Show kali ini, ada beberapa hal yang dibahas terkait peralihan status IHDN Denpasar menjadi Universitas, seperti apa saja perubahan-perubahan kedepannya, hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan, strategi apa untuk mengembangkan kampus ini kedepannya, dan tentu saja harapan seluruh civitas akademika ketika IHDN Denpasar telah resmi nanti menjadi UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Denpasar. Bapak Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. mengatakan bahwa peralihan status ini bukanlah berkat satu atau dua orang, termasuk bukan berkat dirinya semata, tetapi, peralihan status ini adalah berkat dari Tuhan Yang Maha Esa dan seluruh komponen civitas akademika IHDN Denpasar yang selama ini telah bersama-sama membangun IHDN Denpasar dengan doa dan usahanya sehingga kini akan resmi menjadi UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Untuk itu, peran dari seluruh civitas akademika sangat diperlukan untuk bersatu-padu menyiapkan segala perubahan yang ada.

“Peralihan ini adalah kesempatan kita untuk lebih mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) terutama SDM Hindu kedepannya, tentu saja hal ini menjadi tanggung jawab kita semua seluruh civitas akademika dan bahkan masyarakat di luar sana agar bersatu-padu menyiapkan segala perubahan yang ada” Ujarnya. (Darma/Widi)