STUDIUM GENERALE JURUSAN PG-PAUD UHN IGB SUGRIWA BAHAS DINAMIKA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI

STUDIUM GENERALE JURUSAN PG-PAUD UHN IGB SUGRIWA BAHAS DINAMIKA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PSIKOLOGIS ANAK USIA DINI

DENPASAR-UHN SUGRIWA]
Pembelajaran daring yang berlangsung selama pandemi Covid-19, memberikan berbagai dinamika khususnya untuk psikologi anak usia dini. Persoalan tersebut dibahas secara mendalam melalui kegiatan Studium Generale, yang diselenggarakan Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, pada Senin (10/5/2021).
Ketua Panitia Studium Generale, Praptika Kamalia Jaya, S.Sn., M.Sn dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini menghadirkan dua narasumber ternama di bidang psikologi, yakni Dewa Gede Firstia Wirabrata, M.Psi., Psikolog yang merupkan Psikolog Sosial Jiwanta Consulting dan juga Dosen Undiksha. Narasumber kedua Nyoman Wiraadi Tria Ariani, S.Psi., M.Psi., Psikolog yang merupakan dosen UHN IGB Sugriwa Denpasar.
Ditambahkan bahwa kegiatan yang berlangsung secara daring lewat Google Zoom Meeting ini mengambil tema “ Dinamika Pembelajaran Daring Terhadap Aspek Psikologis Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19”.
Wakil Dekan 1 Fakultas Dharma Acarya (FDA), Ferdinandus Nanduq S.Ag., M.Ag mewakili Dekan FDA, Dr. Drs. I Made Redana, M.Si. menyambut baik Studium Generale yang telah terselenggara, sebagai bagian dari tugas pokok menyelenggarakan pendidikan tinggi. “Studium Generale ini suatu kegiatan untuk membangun suasana akademik di kampus, apalagi tema yang disampaikan sangat faktual, jadi berbicara tentang pembelajaran daring dalam kaitan aspek psikologis anak usia dini, “ katanya.
Dikatakan pembelajaran daring disatu sisi memang memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Tetapi disisi lain ada aspek lain yang tidak menguntungkan, karena ada perubahan kebiasaan dalam proses pembelajaran, “Jadi biasanya kita tatap muka langsung dengan para peserta didik, apalagi anak paud, yang memang merupakan anak yang baru tumbuh berkembang, “ tandasnya. (Nik)
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa