REKTOR UHN SUGRIWA BERI KULIAH UMUM DI IAHN TP PALANGKA RAYA

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

PALANGKARAYA, UHN SUGRIWA -Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si menjadi salah satu narasumber kuliah umum yang dilaksanakan Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Selasa (13/12/2022) di Aula Serbaguna setempat.

Pada kesempatan itu Rektor mengulas tentang “Etika Sisya pada masa Brahmacari”. Hal ini sesuai permohonan Rektor IAHN -TP Palangka Raya Nomor: B.4195/Ihn.02/PP.00.9/2/2022 tanggal 9 Desember 2022 perihal Permohonan menjadi pemateri kuliah umum.

Kuliah umum ini dibuka secara resmi oleh Rektor IAHN-TP, Dr. Mujiyono, S.Ag.,M.Ag dengan dihadiri oleh Pejabat Struktural, Pejabat Non Struktural, Tenaga Pendidik dan Mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya. Dalam sambutannya, ia menyambut baik kegiatan kuliah umum ini yang mampu memberi semangat dan motivasi bagi mahasiswa dalam menjalani masa pendidikan (brahmacari). “Sehingga mampu menjadi mahasiswa (sisya) yang berbakti, berbudi pekerti luhur dan beretika sebagaimana disebutkan dalam sastra”, ucapnya.

Kuliah umum yang dipandu oleh moderator Dr. I Gede Dharman Gunawan SH.,M.Pd sangat interaktif dan menarik bagi mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya. Peserta secara antusias mengikuti dan menyampaikan pertanyaan demi pertanyaan kepada pemateri, Prof I Gusti Ngurah Sudiana. “Masa brahmacari adalah fase awal dalam Catur Asrama yang merupakan fase penuh cobaan dan tantangan dalam kehidupan manusia. Oleh karena itu, seseorang dalam masa brahmacari ini disebut Sisya, yang harus memiliki kekuatan, tekad dan semangat untuk belajar dan mengembangkan diri agar mampu memperkaya diri dengan tujuan tercapainya kesuksesan dalam hidup,” jelasnya.

Kuliah umum ini dirangkai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Program Pascasarjana IAHN-TP (Palangka Raya) oleh Prof. Dr. Drs. I Ketut Subagiasta selaku Direktur Program Pascasarjana setempat dengan Prof. Dr Dra. Relin DE, M.Ag, selaku Direktur Program Pascasarjana UHN IGB Sugriwa Denpasar.

 

Dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAHN-TP Palangka Raya Dr. Tardi Tedung, S.Ag., M.Ag selaku Ketua selaku Ketua LPPM IAHN-TP Palangka Raya dengan Dr. Drs. I Made Sugata, M.Ag selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UHN IGB Sugriwa. (may/sas)

.
.pusdok -Humas- Uhn Sugriwa
#uhnsugriwa