REKTOR UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA LAKSANAKAN MONEV MAHASASISWA KKN KOLABORASI DI SEMARANG

REKTOR UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA LAKSANAKAN MONEV MAHASASISWA KKN KOLABORASI DI SEMARANG

SEMARANG, UHN SUGRIWA – Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si bersama Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag melakukan monitoring pelaksanaan KKN Nusantara Moderasi Beragama. Kolaborasi antara UHN I Gusti Bagus Sugriwa dengan UIN Walisongo Semarang ini dilaksakan di tiga titik lokasi yaitu: di Desa Wonolopo Mijen Semarang, Desa Kumpulrejo Salatiga dan Desa Urutsewu Ampel Boyolali.(2/8)

Turut hadir dalam monitoring ini adalah Ketua LP2M UIN Walisongo Semarang, Dr. Ahmad Arif Junaidi, M.Ag, Direktur Pascasarjana UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Dra.Relin D.E., M.Ag, didampingi pula oleh Kepala Desa Urutsewu, Ampel, Tokoh/sesepuh Agama Hindu Boyolali, Bpk Suwarjono dan Dosen Pembimbing KKN UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Dr. Heny Perbowosari, S.Ag.,M.Pd.

Dalam sambutannya
Kepala Desa Urutsewu, Sri Haryanto menyampaikan terimakasih karena sudah menempatkan mahasiswa KKN ini di Desa Urutsewu. Dikatakan ada tiga program besar yang sedang digalakkan di desa ini, yakni Moderasi Beragama, Pencanangan Desa Wisata Urutsewu dan Gebyar UMKM. Diharapkan KKN ini dapat memberikan andil dalam program tersebut.

Ketua LP2M UIN Walisongo, Dr. Ahmad Arif Junaidi, M.Ag mengatakan bahwa Desa Urutsewu merupakan miniatur Indonesia dimana terdapat 6 agama dan beberapa kepercayaan di Desa Urutsewu. Makanya memilih desa ini menjadi salah satu titik lokasi KKN Nusantara Moderasi beragama ini.

Rektor UIN Walisongo, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag menambahkan bahwa desa ini bukan sekedar miniatur Indonesia, tetapi bagaimana moderasi beragama diharapan bisa mendarahdaging di desa ini, dan desa urutsewu diharapkan pula bisa menjadi cikal bakal perdamaian di Indonesia.

Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si mengungkapkan bahwa KKN Nusantara ini bertujuan memupuk persaudaraan yang makin erat antara UHN IGB Sugriwa Denpasar dan UIN Walisongo. Untuk Desa Urutsewu sendiri, UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar siap mendukung program-program desa tentunya dalam ranah akademisi seperti penelitian, budaya dan pengabdian kepada pasyarakat.

Beberapa program kerja yang sudah dilaksanakan adik-adik mahasiswa KKN Nusantara Moderasi beragama ini diataranya: yang mengkhusus untuk umat hindu yaitu: pelatihan mejejaitan dan pasraman. Program kerja yang umum diantarnya: Penanaman Bunga Umbul Rancah, Workshop Moderasi Beragama, Bimbingan Belajar, ikut aktif dimasyarakat seperti kegiatan Pejanjen/salawatan, Bersih-bersih tempat suci serta plangisasi/pemberin plang pada tempat dan jalan-jalan tertentu.

Untuk menghibur masyarakat setempat mahasiswa kkn kolaboratif mengadakan pegelaran seni atau pentas seni yang mana menampilkan berbagai tari dari kedua daerah, yang di laksanakan pada tanggal 06 dan 07 Agustus 2022.(nas)

.
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa
#uhnsugriwa