PRODI PGPAUD UHNSUGRIWA HADIRI RAKORNAS DAN SEMNAS APG PAUD INDONESIA

PRODI PGPAUD UHNSUGRIWA HADIRI RAKORNAS DAN SEMNAS APG PAUD INDONESIA

UNM, MALANG JAWA TIMUR. Berkaitan adanya undangan dari APG-PAUD INDONESIA (Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia) serta untuk melakukan peningkatan sumber daya manusia pada bidang pendidikan PAUD, Prodi PG-PAUD UHN I Gusti Bagus Sugriwa mengirimkan Ketua Jurusan dan satu orang dosen PAUD sebagai perwakilan untuk mengikuti kegiatan Rakornas APG-PAUD INDONESIA 2022 (Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia) yang berlangsung secara luring di Universitas Negeri Malang hari Jumat tangal 24 juni 2022 sampai dengan hari Minggu tanggal 26 Juni 2022. Secara Keseluruhan peserta dalam kegiatan ini adalah lembaga PAUD yang sudah tergabung dalam asosiasi APG-PAUD. Hingga saat ini keanggotaan APG-PAUD INDONESIA sudah mencapai 139 lembaga yang menaungi pendidikan Strata 1 dan Magister PAUD.
Pada kesempatan kali ini dalam kegiatan Rakornas APG-PAUD INDONESIA 2022 Ketua Jurusan PG-PAUD UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Dr. Marsono, M.Pd.H didampingi oleh Dr. I Gede Sedana Suci, S.E., M.Ag dosen sekaligus Wakil Dekan II Fakultas Dharma Acarya UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
Pelaksanaan Seminar dan Pertemuan APG-PAUD INDONESIA 2022 ini tidak hanya sebagai suatu agenda tahunan yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya dosen PG-PAUD, namun pada kesempatan ini pelaksanaanya menekankan pada kajian implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah. Pada konteks PAUD Kurikulum Merdeka Belajar diimplementasikan sebagai Kurikulum Merdeka Bermain. Penggalian terhadap relevansi atas Kurikulum Merdeka Belajar yang bertransformasi menjadi Kurikulum Merdeka Bermain pada pendidikan PAUD digali dan dikupas dalam seminar yang berjudul “Reorientasi PG-PAUD dan Revitalisasi Peran Guru Dalam Perspektif Merdeka Bermain Anak Usia Dini di Era Digital Abad 21”
Setelah pelaksanaan seminar salah satu agenda yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan Pertemuan APG-PAUD INDONESIA ini adalah perencanaan untuk melakukan kerjasama antar perguruan tinggi sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar yang akan diterapkan setiap perguruan tinggi. Ketua Jurusan PGPAUD UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Dr. Marsono, M.Pd.H bertindak selaku ketua sidang pleno Kelompok II yang menaungi rencana kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi diantaranya Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Universitas Palangkaraya, Universitas Negeri Medan, Universitas Almuslim, Universitas Khairun, Universitas PGRI Argopuro Jember, Universitas Sebelas Maret, Universitas PGRI Palembang, dan Universitas Ngudi Waluyo.
Sebelum pembacaan hasil pleno kelompok II, Ketua Jurusan PGPAUD UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Dr. Marsono, M.Pd.H menyampaikan bahwasannya harapan yang sangat besar akan keberhasilan dalam pendidikan PAUD bisa dicapai melalui Kurikulum Merdeka Bermain. Peluang yang ditawarkan dalam konsep Merdeka Bermain secara teoritis akan sangat memihak kebutuhan dari peserta didik yaitu anak-anak. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa usia AUD merupakan usia dimana anak masih pada tahap senang bermain. Sehingga melalui kurikulum merdeka bermain diharapkan semua elemen pendidik PAUD dapat mengimplementasikan teori yang telah dimiliki dan dikuasai melalui kemampuan praktik yang tepat.

Pusdok-Humas-Uhnsugriwa
#uhnsugriwa