PENGABDIAN MASYARAKAT DI KARO, REKTOR UHN SUGRIWA TAWARKAN BEASISWA

PENGABDIAN MASYARAKAT DI KARO, REKTOR UHN SUGRIWA TAWARKAN BEASISWA

KARO, UHNSUGRIWA-Bersama Dirjen Bimas Hindu, Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc, Rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si dan jajaran melaksanakan pengabdian masyarakat di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), tepatnya di Pura Dharma Pratama Desa Bintang Meriah, Kecamatan Kuta Buluh. Pengabdian masyarakat yang dipimpin Ketua Panitia, Dr. Drs. I Wayan Sukabawa, M.Ag tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni 16 s/d 18 Maret 2020.
Kedatangan rombongan disambut salam ‘Mejuah-juah’ yang pada intinya mendoakan kesejahteraan dan kedamaian. Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. I Gusti Ngurah Sudiana menerangkan ada beberapa agenda dalam kegiatan tersebut. Mulai dari mengunjungi pura dan kuil. Kemudian bertemu dengan umat Hindu setempat. “Kami bersimakrama dan berdialog tentang banyak hal. Mulai dari pendidikan, SDM, tentang pembinaan, pura, pasraman, organisasi Hindu, kepemangkuan, dan kependetaan,” ungkapnya, Rabu (17/3).
Di samping UHN I Gusti Bagus Sugriwa, juga ikut dalam kegiatan tersebut STAHN Mpu Kuturan Singaraja, IAHN Gde Pudja Mataram, IHAN Tampung Penyang. Dalam kegiatan itu, Dirjen Tri Handoko, Rektor Prof. I Gusti Ngurah Sudiana, dan Ketua PHDI Sumatera Utara dikukuhkan sebagai tamu kehormatan keluarga Hindu adat Karo. Ritual dipimpin tiga pamangku Hindu, masing-masing dari suku Karo, Jawa, dan Bali.
Nah, pada hari terakhir, pihaknya akan berkunjung ke pura Hindu suku Bali dan Jawa. “Kami tidak hanya berkunjung ke pura suku Karo di pedalaman, tapi juga sudah mengunjungi kuil Suku Tamil dan Kuil Shri Parameswara di hari pertama. Di situ kami bertemu dengan tokoh Hindu Tamil. Kami berterima kasih karena sudah dibantu dan difasilitasi kemana-mana,” tandas Prof. Ngurah Sudiana yang juga Ketua PHDI Provinsi Bali.
Dari kegiatan tersebut, imbuhnya, oleh umat setempat diharapkan agar kunjungan bisa secara kontinyu nantinya. Terutama terkait pembinaan keumatan yang selama ini belum optimal lantaran berbagai keterbatasan. “Kami dari UHN juga menawarkan beasiswa untuk kuliah di UHN supaya generasi muda di sini bisa memegang tongkat estafet dalam pembinaan umat,” pungkasnya. (sas/nya)
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa