PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS SENI BUDAYA DI PURA BESAKIH

PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS SENI BUDAYA DI PURA BESAKIH

Tim kesenian UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis seni budaya di Pura Agung Besakih, Rendang, karangasem. Kegiatan pengabdian dalam rangka ayah-ayahan wewalen oleh Tim Kesenian UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar pada Tawur Tabuh Gentuh dan Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih dilaksanakan pada 5 dan 6 April 2022.
Pada Selasa 5 April kegiatan pengabdian dilaksanakan oleh Korpus Wanita Gender & anak LPPM UHN IGBS, serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) UHN IGBS, yang berkolaborasi dengan Sanggar Seni Puspa Kencana Denpasar. Kesempatan itu DWP UHN IGBS membawakan tari Rejang Renteng yang dipimpin oleh Ketua DWP. Prof. Dr. Relin Denayu E, M. Ag, serta korpus Wanita Gender dan anak Dra. Ni Wayan Arini, M. Ag. Turut serta didampingi oleh Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.
Hari kedua tepatnya pada Rabu 6 April, Tim Kesenian UHN IGBS yang dikomandoi oleh I Gede Tilem Pastika, S. Sn., M. Sn membawakan Tari Rejang, Baris Gede, Topeng, Wayang Lemah dan Penabuh yang melibatkan 90 orang civitas UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, terdiri dari Dosen, dan Mahasiswa turut bergabung pada UKM Tari, Tabuh dan Pedalangan.
Kesempatan tersebut turut didampingi oleh Ketua LPPM UHN IGBS Dr. Drs. Made Sugata, M. Ag, WD III Fakultas Dharma Duta, Dr. Dewa Ketut Wisnawa, S. Sn., M. Ag, serta beberapa staf dosen yang turut serta dalam pementasan kesenian antara lain: Dr. Drs. I Wayan Sugita, M. Si, Made Gde Puasa, S. Sos. H., M. Fil. H, dan Dr. I Wayan Dedi Sumantra, S. Sn., M. Si
Ketua LPPM UHN IGBS Dr. Drs. Made Sugata, M. Ag, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan aktualisasi dari program UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, sesuai dengan visi kelembagaan agar senantiasa aktif dan adaptif dalam budaya. Sebagai Universitas Hindu Negeri Pertama di Indonesia, sudah selayakanya kampus ini menjadi garda terdepan dalam bidang pelayanan umat. “ Tidak terkecuali dengan basis seni budaya, “ tutur Sugata.
Dalam kesempatan ini juga melibatkan anggotan BEM UHN IGBS yang sekaligus sebagai media promosi dan sosialisasi terhadap keberadaan lembaga. (1282)