Pembagian Bibit Tanaman Untuk Warga Desa Pemogan Bersama Kelompok 38 KKN Kolaborasi

Pembagian Bibit Tanaman Untuk Warga Desa Pemogan Bersama Kelompok 38 KKN Kolaborasi

 

Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa Pemogan, kecamatan Denpasar Selatan, kota Denpasar, membagikan bibit tanaman untuk warga bersama kelompok 38 KKN Kolaborasi, pada Kamis (7/7).

Ketua tim penggerak PKK, Nursila Dewi menerima bibit tanaman tersebut dari dinas pertanian, yang nantinya akan dibagikan melalui perwakilan ibu-ibu PKK setiap banjar di desa Pemogan.

“Ini dari dinas pertanian mengeluarkan bibit untuk dibagikan kepada ibu-ibu PKK desa Pemogan,” ungkap ibu kepala desa Pemogan tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dari pembagian bibit tersebut, untuk meningkatkan pangan para warga serta memanfaatkan lahan yang ada di Rumah.

“Istilahnya ini memanfaatkan pekarangan rumah, tidak harus kita punya lahan banyak. Jadi biarpun sedikit kita tanam pakai polybag atau botol serta kaleng bekas,” jelasnya.

Bibit tanaman yang dibagikan berupa terong dan cabai, Nursila membagikan alasan mengenai dipilihnya kedua bibit tersebut karena mengandung vitamin serta merupakan kebutuhan pokok memasak.

“Terong itu kan banyak vitaminnya, kalau cabai itu kebutuhan pokok untuk memasak, setiap memasak pasti ada cabai,” ucapnya.

Koordinator kelompok 38, I Kadek Indra Maharta sangat antusias dapat berkontribusi dalam kegiatan pembagian bibit tersebut. Karena para mahasiswa dapat diajarkan bagaimana meningkatkan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Kami dari mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembagian bibit ini, di samping kita di ajarkan peduli lingkungan kita juga belajar bagaimana menjadi seorang mahasiswa yang peduli dengan kebutuhan pangan para warga,” kata lelaki mahasiswa UHN Denpasar tersebut.

Tambahnya, Maharta berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi ekonomi warga. Apalagi harga ekonomi sekarang semakin melonjak. Ia juga berharap agar mahasiswa KKN dapat berkontribusi lagi kedepannya.

“Adanya kegiatan ini semoga dapat bermanfaat bagi warga. Apalagi dalam sektor ekonomi yang harganya sering melonjak, pasti warga merasa sangat terbantu. Serta ada harapan agar kegiatan ini akan terus berlanjut dan semoga mahasiswa KKN desa Pemogan bisa ikut berkontribusi lagi kedepannya,” pungkasnya.

Reporter : Syifa Mariyatul Kibtiyah