PELAJARI BUDIDAYA KAMBING, KKN KOLABORASI UHN SUGRIWA – UIN WALISONGO KUNJUNGI YAYASAN BHINNEKA FARM BOYOLALI

PELAJARI BUDIDAYA KAMBING, KKN KOLABORASI UHN SUGRIWA – UIN WALISONGO KUNJUNGI YAYASAN BHINNEKA FARM BOYOLALI

BOYOLALI, UHN SUGRIWA – Mahasiwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Misi Khusus (MMK) Kolaborasi UIN Walisongo Semarang dengan UHN Sugriwa Denpasar melakukan kunjungan ke Yayasan Bhinneka Farm di Desa Urut Sewu, Kecamatan Ampel, Rabu (06/07).

Beranggotakan 15 orang mahasiswa UIN Walisongo Semarang dan 3 orang mahasiwi UHN Sugriwa Denpasar, rombongan berkunjung ke yayasan Bhineka Farm. “Hal ini dalam rangka mengenal dan mempelajari cara membudidayakan kambing yang baik” ungkap Ubay, koordinador KKN Desa Urut Sewu.

Admin dari Yayasan Bhinneka Farm menuturkan yayasan tersebut didirikan pada Juli 2021. Lanjut dijelaskan, di yayasan tersebut terdapat kurang lebih 600 ekor kambing yang dibudidayakan. Ratusan kambing tersebut terdiri dari kambing yang khusus untuk dikembangbiakkan (breeding) dan kambing khusus penggemukan untuk persiapan Idul Adha. Kambing yang khusus penggemukan rata-rata jantan dengan umur kambing yang siap dijual adalah 6 bulan ke atas.

Bagus juga menjelaskan, makanan kambing khusus penggemukan berbeda dengan kambing breeding. Komposisi makanannya lebih banyak konsentrat dan bahan kering seperti kulit kopi atau kopra yang dihaluskan menggunakan mesin. Selain makanan juga setiap hari diberikan vitamin karena adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Sebagai pengelola, Bagus pun berharap kedepannya yayasan Bhinneka Farm ini dapat menjadi yayasan terbesar di Indonesia. (nia)