PARTISIPASI PELATIHAN REJANG SARI DI DESA ADAT BINDU

PARTISIPASI PELATIHAN REJANG SARI DI DESA ADAT BINDU

Mahasiswa KKN kelompok 13 Mekar Bhuwana berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan rejang sari dalam rangka persiapan ngayah di Pura Dalem Desa Adat Bindu bersama dengan Seka Truni dari STT. Dharma Yowana. (6/07)

Untuk ngayah nanti akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2022 bertepatan dengan Buda Kliwon Pahang (Pegat Uwakan) Purnama Dasih Kasa. Yajna yang akan dilaksanakan adalah Pecaruan Catur.
Disampaikan oleh ketua STT Banjar Bindu via WhatsApp yang akan mengikuti ngayah dari STT ada 16 orang. Kegiatan pelatihan ngayah ini sudah sering dilakukan oleh STT di Banjar Bindu setiap ada kegiatan upacara agama yang memerlukan tarian sebagai pelengkap dalam kegiatan Yajna.

Mahasiswa KKN kelompok 13 ikut berpartisipasi dalam ngayah tersebut khususnya bagi yang perempuan untuk menari rejang sari. Dalam partisipasi ini di hadiri oleh 6 orang.

Dari mahasiswa KKN menyambut dengan antusias kegiatan pelatihan ngayah tarian ini dan dari pihak STT juga menerima dengan hangat kehadiran mahasiswa kkn. Bersama-sama dengan belajar mengenai tarian tersebut.

“Kegiatan ini sangat positif dan melestarikan tradisi budaya kepada para pemuda agar nantinya tidak lekang dimakan oleh jaman, kegiatan ngayah juga agar tidak semata-mata hanya mengandalkan uang saja, karena nilai dari kebersamaan yang perlu di tingkatkan seiring perkembangan jaman” ujar Gita salah satu anggota klp 13.