OPTIMIS BUKA TAHUN INI UHN SIAPKAN 4 PRODI BARU

OPTIMIS BUKA TAHUN INI UHN SIAPKAN 4 PRODI BARU

Denpasar-UHNSUGRIWA
Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus (IGB) Sugriwa Denpasar dalam waktu dekat akan membuka 4 prodi baru. Hal ini diketahui dari rapat Visitasi dan Evaluator yang diselenggarakan di ruang sidang Fakultas Dharma Acarya (FDA) UHN IGB Sugriwa Denpasar, Senin (28/6/2021). Universitas Hindu Negeri pertama di Indonesia ini pun optimis 4 prodi baru tersebut bisa dibuka tahun ini.
Rapat tersebut dihadiri dua evaluator yakni Prof. Dr. I Putu Gelgel, SH. MHum dan Prof. Dr,-ing, Ir. I Made Londen Batan, MEng. Hadir dalam rapat tersebut Kepala Biro (Karo) Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr I Nyoman Sueca, S.Ag., M.Pd. Wakil Rektor II, Dr. I Nyoman Yoga Segara, S.Ag., M.Hum. Ketua LPM, Dr. Ida Ayu Tary Puspa, S.Ag. M.Par.
Ditemui usai rapat, Kepala Biro (Karo) Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr I Nyoman Sueca, S.Ag., M.Pd. menjelaskan bahwa rapat ini membahas usulan sembilan prodi baru. Nah setelah melewati proses visitasi oleh dua evaluator dari mendikbud, hanya 4 prodi yang bisa lolos visitasi. “Ternyata yang bisa lolos hanya 4 prodi, sehingga kami cukup berbangga, dan dari sini tim harus segera memenuhi kelengkapan, sehingga semakin cepat terpenuhi rekomendasi dari dirjen, semakin cepat pula akan direkomendasikan untuk ke dikti, “jelasnya.
Adapun empat prodi tersebut yakni, program studi Desain Komunikasi Visual pada program sarjana, Program Studi sistem informatika pada program sarjana, Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan Program Studi Magister Pariwisata Budaya pada Program Pascasarjana. Persiapan pembentukan 4 prodi baru tersebut akan dikerjakan dalam rapat yang berlangsung selama tiga hari, yakni dari 28 hingga 30 Juni 2020. “Ini harus selesai dalam tiga hari ini, setelah selesai baru rekomendasi dirjen turun setelah turun baru diajukan ke dikti, “katanya.
Pihaknya kini akan bergerak cepat menyiapkan 4 prodi tersebut. Pihaknya pun optimis 4 prodi baru tersebut akan dibuka tahun ini. “Prodi baru ini kalau bisa cepat turun sebelum Agustus, kami akan buka prodi baru. Mudah-mudahan tahun ini bisa keluar, setelah keluar akan ada perpanjangan penerimaan mahasiswa baru, itu keinginan bapak rektor. Kalau keluar september kemungkinan tahun ajaran baru berikutnya kami buka, “ujarnya.
Sementara lima prodi lain yang juga diusulkan saat ini masih dipending. Pihak juga memastikan bahwa lima prodi ini akan segera dikejar untuk memenuhi syarat prodi baru. “Nanti kedepan kalau empat prodi ini sudah turun, kami akan mengejar lagi lima prodi ini, sehingga dalam satu tahun UHN sudah bisa membangun satu fakultas, “ tandasnya. (nik)
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa