KEMBANGKAN KKN, LPPM UHN IGB SUGRIWA DAN UIN WALISONGO TEKEN PKS

KEMBANGKAN KKN, LPPM UHN IGB SUGRIWA DAN UIN WALISONGO TEKEN PKS

BANGLI, UHN SUGRIWA – Rektor Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si menerima kunjungan Ketua LPPM Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Dr. Muhamad Rikza Chamami, M.Si Selasa (29/3) di kampus Bangli. Pertemuan tersebut dalam rangka penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).
Adapun kerja sama yang ditawarkan oleh UIN Walisongo ini mengenai pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Nusantara yang bisa dikombinasikan dengan pertukaran mahasiswa. Pihak UIN berharap para dosen juga dapat terlibat di dalamnya melalui kegiatan kuliah umum, sehingga dapat saling memberikan kontribusi.
Rektor UHN IGB Sugriwa Denpasar, dalam sambutanya menerima kehadiran Ketua LPPM UIN Walisongo dengan sangat terbuka, dan mendukung rencana kerja sama antara kedua belah pihak. Prof. I Gusti Ngurah Sudiana berharap kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dalam waktu yang panjang.
KKN Nusantara rencananya akan dilaksanakan Juni 2022 mendatang. UHN IGB Sugriwa mengirim mahasiswa ke Semarang dan dari UIN Walisongo mengirim mahasiswa ke Bali. “Harapan kami, KKN ini dapat menjadikan mahasiswa dan dosen memiliki pengalaman luas di luar daerah dan menumbuhkan sikap moderasi beragama, karena KKN dengan mahasiswa lintas perguruan tinggi agama,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua LPPM UIN Walisongo, Dr. Muhamad Rikza Chamami, M.Si, menyampaikan bahwa UIN Walisongo telah menerapkan sistem pembelajaran 1/2 Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam pelaksanaan KKN, mahasiswa diizinkan membuat program yang kemudian diusulkan ke LPPM. Bila disetujui, maka kegiatan tersebut bisa dilaksanakan. Dengan demikian mahasiswa tidak melulu mengikuti program yang dibuat oleh LPPM.
UIN, lanjutnya juga menerapkan empat standar dalam kegiatan pengabdian, yaitu KKN Nusantara, Hasil Luaran Penelitian, SBM yang disesuaikan dengan standarisasi Pemeriksa, dan Pengabdian Dosen antar Perguruan Tinggi.
Rektor UIN Walisongo Prof.Dr. Imam Taufiq menegaskan melalui LPPM bahwa PKS ini wajib segera direalisasikan agar tidak mubazir. UIN Walisongo sangat berharap ke depannya segera direalisasikan kerja sama berupa kolaborasi penelitian, jurnal, menerbitkan buku dan pengabdian bersama.
Dalam kesempatan ini Rektor UHN Sugriwa didampingi Wakil Rektor II Prof. Dr. I Nyoman Yoga Segara, S.Ag., M.Hum; Plt. Ka Biro AAKK Ida Ayu Nyoman Siang Arini, SE; Analis Perencanaan I Gede Mudita, SE; Sekretaris LPPM Dr. Drs. I Made Wiradnyana, M.Hum; Korpus Pengabdian Masyarakat Dr. Drs. I Wayan Sukabawa, S.Ag., M.Ag; dan Arsiparis I Wayan Sorga, S.Ag. Sedangkan dari UIN, turut hadir Staf Ahli LPPM, Abdul Malik, M.Si.
Kegiatan ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata. (1268)