KECERDASAN BUATAN ANTARKAN DIKSE PANCANE RAIH GELAR DOKTOR ILMU AGAMA

KECERDASAN BUATAN ANTARKAN DIKSE PANCANE RAIH GELAR DOKTOR ILMU AGAMA

DENPASAR, UHNSUGRIWA-
Badan Perwakilan Pascasarjana Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar pada Jumat (18/3) melaksanakan ujian terbuka di Gedung Pascasarjana, Jalan Kenyeri Denpasar dengan Promovendus I Wayan Dikse Pancane.
Sidang terbuka dipimpin oleh Prof. Dr. Dra. Relin D.E., M.Ag yang merupakan Direktur Pascasarjana.
Promovendus yang lahir di Bogor 21 Pebruari 1971 bisa melaksanakan Ujian Terbuka setelah menyelesaikan Ujian Tertutup pada 22 September 2021. Promovendus secara lugas memaparkan Disertasi dengan judul ” Pengembangan Kecerdasan Buatan Terkait Dengan Ajaran Agama Hindu Berbasis Pada Bhagavadgita Dan Dampaknya Bagi Generasi Remaja Hindu”. Ia memaparkan disertasinya di depan Dosen Penguji,
Prof. Dr, Nyoman Dantes,Dr. Dra. Ni Nyoman Perni., M. Pd., Prof. Dr. Dra.Relin D. E., M. Ag, Prof. Dr. Drs.I Made Surada.,MA, Dr. Drs. I Ketut Tanu, M. Si, Dr. I Ketut Sudarsana, S. Ag.,M. Pd.H, Dr.Drs.I Made Wiguna Yasa,M.Pd , Dr. Dra. Ni Nengah Selasih., M. Pd. dan Dr. I Nyoman Alit Putrawan, S.Ag.,M. Fil . H
Sesuai penelitiannya, Promovendus yang kesehariannya merupakan Dosen Undiknas Denpasar , memaparkan bahwa kecerdasan buatan yang berbasis Bhagawadgita merupakan salah satu bagian dari Ilmu Komputer yang mempelajari pembuatan mesin (komputer) nantinya dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh Manuaba atau bahkan bisa yang lebih baik daripada yang dilakukan manusia. Putra asli Bogor ini pun menjawab setiap pertanyaan dari Dewan Penguji satu persatu dengan lugas, sehingga dirinya berhak meraih gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan dan merupakan Doktor ke-103 pada UHN IGB Sugriwa Denpasar.
Atas raihan gelar Doktornya, Direktur Pascasarjana, Kaprodi, beserta jajarannya mengucapkan selamat dan sukses. Ini diharapkan menjadi acuan bagi Karyasiswa lain agar bisa menyelesaikan studi tepat waktu.
Demikian juga Promovendus usai mempertahankan Disertasinya,
mengucapkan terima kasih kepada Promotor, Kopromotor, Dewan Penguji dan keluarga tercinta. Dirinya bertekad akan menyempurnakan penelitian ini agar bisa dikembangkan sesuai aturan dan bermanfaat bagi dunia agama dan dunia pendidikan, khususnya untuk kaum remaja. (1290)
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa