HUT KE-2, UHN SUGRIWA SEMARAKKAN BANGLI

HUT KE-2, UHN SUGRIWA SEMARAKKAN BANGLI

BANGLI, UHN SUGRIWA – Momentum kebahagiaan dirasakan seluruh civitas Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Ini karena pada Rabu (25/5) Universitas Hindu Negeri pertama dan satu-satunya di Indonesia tersebut genap berusia dua tahun. Puncak perayaan pun digelar di kampus Bangli.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, SE didampingi Wakil, I Wayan Diar, Sst. Par bersama Ketua DPRD, I Ketut Suastika hadir secara langsung dalam acara yang meriah tersebut. Sidang dipimpin Ketua Senat, Prof. Dr. Drs. I Nengah Lestawi, M.Si.

Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si mengucapkan selamat datang kepada para undangan. HUT kali ini mengusung tema ‘Kolaborasi, Inovasi, dan Akselerasi dalam Konteks Metaverse’, sejalan dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan juga dirangkai dengan pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Agama Hindu, Prof. Dr. I Nyoman Sueca, S.Ag. M.Pd.

Rektor pada kesempatan itu menerangkan bahwa UHN I Gusti Bagus Sugriwa terus melaksanakan berbagai terobosan, khususnya dalam hal Tri Dharma Perguruan Tinggi menuju World Class University (WCU). Pihaknya pun berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat hingga daerah dan semua pihak hingga saat ini. “Kami juga mengucapkan terima kasih khususnya kepada Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kabupaten Bangli yang sudah memberikan hibah tanah dan dorongan semangat,” ujarnya.

Rektor menegaskan saat ini rektorat dipusatkan di kampus Bangli sebagai wujud komitmen UHN. Namun demikian, perkuliahan masih tetap dilaksanakan di masing-masing kampus, baik di Jalan Ratna dan Jalan Kenyeri Denpasar, maupun di kampus Bangli sendiri.

Selain mengembangkan prodi-prodi baru dan perluasan kerja sama, penataan kampus menjadi hal yang tengah dikonsentrasikan saat ini. Bahkan ke depan diharapkan UHN memiliki aula yang lebih representatif untuk berbagai kegiatan di Bangli, salah satunya wisuda. Sementara, sebagai bentuk kehadiran di tengah masyarakat, UHN siap menggelar yoga bersama. Hal ini diharapkan kian menyemarakkan Bangli yang dicita-citakan sebagai pusat pendidikan Hindu.

Tak lupa, Rektor mengajak seluruh masyarakat Bangli, terutama generasi muda untuk memanfaatkan kampus UHN sebagai tempat kuliah. Tentunya berbagai program maupun harapan dapat terwujud dengan dukungan pemerintah, pihak terkait, serta seluruh civitas akademika.

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta sangat sumringah melihat semangat civitas akademika. Diawali pantun, Bupati pun mengucapkan selamat atas dies natalis ke-2 UHN I Gusti Bagus Sugriwa. Ia berpesan agar semangat senantiasa dipertahakan dan ditingkatkan untuk bersama-sama membangun Kabupaten Bangli tercinta. Bahkan Bupati pun turut mengajak masyarakat untuk kuliah di UHN. Gayung bersambut, pihaknya berharap UHN secara rutin menggelar yoga bersama yang dipusatkan di Alun-alun Kota Bangli.

Pada kegiatan itu dilaksanakan pula penandatanganan MoU dengan berbagai pihak, di antaranya Pemkab Bangli, Universitas Terbuka (UT), IAHN Gde Puja Mataram, STAHN Mpu Kuturan Singaraja, HIPMI, dan lainnya. Dilaksanakan pula peluncuran buku UHN Sugriwa dalam History, penyerahan award kepada para pihak yang berjasa dan penghargaan kepada sponsor kegiatan, serta penghargaan kepada para pemenang lomba serangkaian HUT. Puncak kegiatan berupa potong tumpeng. (sas/nya)