GERAKAN ‘IHDN MAPUNIA’ WUJUD MANUSIA YADNYA ORKEMAS IHDN DENPASAR SAMBUT HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

GERAKAN ‘IHDN MAPUNIA’ WUJUD MANUSIA YADNYA ORKEMAS IHDN DENPASAR SAMBUT HARI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA

Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Tahun. Senin (17/7) pagi, Organisasi Kemahasiswaan (Orkemas) Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar yang terdiri atas Dewan Perwakilan Mahasiswaan (DPM),  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Orkemas dari ke-3 Fakultas, beserta seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), melaksanakan gerakan ‘IHDN Mapunia’. Gerakan ini dilaksanakan dalam bentuk pembagian sayur mayur kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan.

Sebelum gerakan ‘IHDN Mapunia’ dimulai, Bapak Dr. Drs. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag. selaku Wakil Rektor 3 IHDN Denpasar memberikan sedikit pengarahan kepada seluruh mahasiswa yang terlibat. Dalam pengarahannya, beliau sangat mengapresiasi gerakan yang dicetuskan oleh Orkemas IHDN Denpasar tersebut. Selaku Pembina Orkemas IHDN Denpasar, beliau juga merasa bangga, karena hal ini menjadi bukti bahwa anak-anaknya telah mengisi dan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan yang positif.

“Saya selaku pembina seluruh Orkemas IHDN Denpasar, dan perwakilan dari pihak lembaga, mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya gerakan ‘IHDN Mapunia’ yang dilaksanakan oleh adik-adik Orkemas IHDN Denpasar pada hari ini. Bapak selaku Pembina juga merasa bangga, karena hal ini menjadi bukti bahwa anak-anak bapak telah berhasil mengisi dan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi sesama” Ucapnya.

Terlebih lagi, sebagai salah satu kampus keagamaan Hindu, beliau menambahkan bahwa, gerakan ini menjadi salah satu bentuk implementasi ajaran Agama Hindu yaitu Manusa Yadnya, sebuah korban suci tulus iklas kepada sesama manusia.

“Gerakan ‘IHDN Mapunia’ ini selain sebagai kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, juga merupakan salah satu bentuk implementasi dari ajaran Agama Hindu yaitu Manusia Yadnya, sebuah korban suci yang tulus iklas untuk sesama manusia. Ya walaupun terbilang sedikit, yang penting bisa berarti untuk orang banyak” Imbuh Beliau.

Setelah dibuka secara resmi oleh Bapak Dr. Drs. Ida Bagus Gede Candrawan, M.Ag., gerakan ‘IHDN Mapunia’ akhirnya dimulai pukul 09.00 WITA dan menyasar di empat titik berbeda yaitu, depan Kampus IHDN Denpasar, kawasan Catur Muka Denpasar, kawasan Lapangan Puputan Renon Denpasar, dan di depan SMA Negeri 1 Bangli. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan karena masih dalam masa pandemi Covid-19, mahasiswa IHDN Denpasar yang terlibat dalam gerakan ‘IHDN Mapunia’ mulai membagikan sayur kepada masyarakat sekitar dengan berbekal hand sanitizer, memakai masker, dan tetap berjaga jarak.