EDUKASI ANAK, MAHASISWA KKN KELOMPOK 24 UHN SUGRIWA GELAR PONDOK BELAJAR DI LUMBUAN

EDUKASI ANAK, MAHASISWA KKN KELOMPOK 24 UHN SUGRIWA GELAR PONDOK BELAJAR DI LUMBUAN

BANGLI, UHN SUGRIWA – Mahasiswa KKN Nusantara Terbatas Angkatan II Tahun 2022 Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Kelompok 24 melaksanakan Program Kerja Pondok Belajar bersama anak-anak Banjar Lumbuan, Desa Sulahan, Susut. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk ‘Pondok Belajar’. Sasarannya adalah anak-anak SD di tengah waktu luangnya.

Pondok belajar adalah salah satu wadah untuk mengedukasi anak-anak. Dilaksanakan secara tentatif, kegiatan ini hadir sebagai ruang belajar yang menyengkan bagi anak. Hadirnya Pondok Belajar ini memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, di antaranya :
1. Meningkatkan motivasi belajar anak.
2. Meningkatkan semangat belajar anak melalui pembelajaran yang menyenangkan.
3. Membantu menyelesaikan permasalahan belajar anak.

Pondok Belajar KKN Kelompok 24 sering kedatangan anak-anak yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Agar tidak membosankan di Pondok Belajar diterapkan sistem belajar sambil bermain dan sistem poin. Anak-anak yang dapat menjawab pertanyaan akan diberikan poin. Pada akhir pembelajaran anak-anak yang mendapatkan poin terbanyak akan diberikan penghargaan agar ia tetap semangat belajar, dan teman-temannya akan termotivasi untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

Adapun materi pembelajaran yang disampaikan di Pondok Belajar mulai dari pengetahuan umum, pengetahuan agama dan pengetahuan mengenai kearifan lokal, misalnya Bahasa Bali.(nas)