[DORONG PERAN PEREMPUAN WUJUDKAN KELUARGA SUKHINAH, KORPUS KAJIAN WANITA GENDER DAN ANAK UHN SUGRIWA GELAR PENGABDIAN TEMATIK]

[DORONG PERAN PEREMPUAN WUJUDKAN KELUARGA SUKHINAH, KORPUS KAJIAN WANITA GENDER DAN ANAK UHN SUGRIWA GELAR PENGABDIAN TEMATIK]

AMLAPURA, UHN SUGRIWA – Ibu memegang peran penting dalam keluarga. Terkait hal itu, Pusat Koordinasi Kajian Wanita, Gender, dan Anak UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melaksanakan Pengabdian Tematik bertema “Melalui Hari Anak Nasional, Kita Tingkatkan Peran Perempuan dalam Mewujudkan Keluarga Sukhinah”,
di Desa Pasedahan, Manggis. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, yakni 18 s/d 20 Juli 2022.

Koordinator Pusat Kajian Wanita, Gender dan Anak, Dra. Ni Wayan Arini, M.Ag, mewakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masayarakat (LPPM) UHN I Gusti Bagus Sugriwa, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Perbekel Pasedahan atas atensinya untuk kegiatan pengabdian ini. Pihaknya mengajak para ibu PKK setempat untuk tetap menjadi seorang ibu yang selalu menjadi tempat curahan anak-anak.

Sementara, kepada para narasumber diharapkan memberikan pandangan yang baru dan komprehensif kepada seluruh peserta yang hadir, mengenai peranan dalam mewujudkan keluarga yang sejahtera, sehat, dan bahagia.

Perbekel Pasedahan, Ir. I Kadek Suyasa dalam sambutannya menyampaiakn terima kasih atas dilaksanakan kegiatan ini. Pihaknya mendorong peserta yang berjumlah 40 orang mengikuti kegiatan ini sampai akhir. Diharapkan pula, materi dari narasumber bisa diimplementasikan pada kehidupan nyata.

Ketua Panitia, Komang Trisnadewi, SS., M.Hum dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari Pusat Kajian Wanita, Gender dan Anak di bawah LPPM UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar. Adapun tujuan kegiatan pengabdian untuk meningkatkan sraddha dan bakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, meningkatkan pengetahuan mengenai keluarga sukhinah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mewujudkan keluarga sukhinah bhawantu dan terjalin hubungan erat antara UHN IGB Sugriwa dengan umat Hindu di Desa Pesedahan.

Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber, yakni dr. I Made Purnama Adimerta, Sp.OG., subsp FER yang bertugas di RSUD Karangasem dengan materi mengenai kesehatan reproduksi. Materi yang disampaikan erat berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja dan orang tua. Harapannya Ibu-Ibu PKK yang hadir saat itu dapat meneruskan informasi tersebut kepada seluruh anggota keluarga yang lain.

Narasumber kedua yakni Dr. dr. Anak Ayu Sri Wahyuni, Sp.KJ memaparkan materi tentang membangun Keluarga Sukinah Melalui Komunikasi Efektif. Ditegaskan, komunikasi sangat penting mempererat jalinan kasih dengan anak.

Narasumber ketiga, yakni Dra. Ni Komang Suardani, M.Ag dengan materi Praktek Jajan Suci. Sementara narasumber keempat, yakni Ni Gusti Made Sutari, S.Pd dengan materi Praktek Merangkai (nanding) Banten Ayaban Tumpeng Pitu. Dari praktek tersebut, diharapkan peserta memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai aspek keagamaan dari upakara.

Secara umum, melalui pengabdian ini diharapkan seorang ibu mengambil andil yang sangat besar untuk mengarahkan anak-anak masa depan selalu belajar dan berkarya guna mewujudkan anak suputra.

Kegiatan berjalan dengan lancar dengan kerjasama para panitia dan perangkat desa. Pada akhir kegiatan dilaksanakan pemberian sertifikat kepada narasumber dan foto bersama. (nas)

.
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa
#uhnsugriwa