DORONG PELESTARIAN BAHASA BALI MELALUI PERTUNJUKAN, JURUSAN PBSA FDA UHN SUGRIWA GELAR STUDIUM GENERAL

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
DENPASAR, UHN SUGRIWA-Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama (PBSA) Fakultas Dharma Acarya (FDA), UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar melaksanakan studium general yang dirangkaikan dengan peluncuran youtube PBSA, Senin (28/2). Studium general dengan mengambil tema ‘Melestarikan Bahasa Bali melalui Media Seni Pertunjukan’.
Studium general merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama Program Studi Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali. Studium general kali ini yang dilangsungkan secara daring dibuka langsung oleh Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si.
Dalam sambutannya, Rektor Universitas Hindu Negeri satu-satunya di Indonesia ini mengatakan bahasa Bali sangat penting keberadaanya di Bali, dan Pemerintah Provinsi Bali juga telah mengeluarkan beberapa aturan terkait dengan hal tersebut. Kelestarian Bahasa Bali menjadi tanggung jawab bersama, dan UHN IGB Sugriwa Denpasar juga sudah lama memiliki jurusan bahasa Bali, sebagai salah satu bentuk komitmen mendukung kelestarian bahasa Bali. Selain membuka kegiatan studium general, Prof.Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana juga sekaligus me-lounching youtube Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama dengan link tautan https://youtube.com/channel/UCPR1s3FagN30Z2pT2aEWewA
Ketua panitia studium general, I Nyoman Ranem, S.Pd.B.,M.Pd.H, dalam laporannya mengatakan, diambilnya tema studium general ‘Melestarikan Bahasa Bali Melalui Media Seni Pertunjukan’ dikarenakan bahasa Bali keberadaannya mengkhawatirkan, karena semakin sedikit masyarakat Bali yang peduli dengan keajegan bahasa Bali.
Studium general tersebut menghadirkan tiga narasumber, baik dari kalangan praktisi maupun akademisi. Narasumber pertama I Nyoman Mariyana, S.Sn., M.Sn membawakan materi ‘Pelestarian Bahasa Bali dalam Seni Kerawitan Bali’. Narasumber kedua merupakan alumni Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Agama, Fakultas Dharma Acarya, I Gusti Ngurah Arya, S.Pd, yang terkenal sebagai musisi Masandal Kroncong membawakan materi tentang ‘Pewarisan Bahasa Bali dalam Seni Musik Keroncong di Bali’. Sedangkan narasumber ketiga adalah Dr. Drs. I Wayan Sugita, M.Si, seorang tokoh drama gong legendaris yang sekaligus sebagai akademisi membawakan materi tentang “Pelestarian Bahasa Bali melalui Theatre (Drama Gong dan Bondres).
Kegiatan studium general dipandu oleh moderator Ni Made Ayu Susanthi Paramita, S.Pd.b.,M.Pd. (1282/1282)
.
Pusdok-Humas-Uhnsugriwa