CIPTAKAN INOVASI PADA ERA NEW NORMAL  UKM PENALARAN DAN RISET ADAKAN DIKTIM 2020  “ Expand your Mind with Research and Technology”

CIPTAKAN INOVASI PADA ERA NEW NORMAL UKM PENALARAN DAN RISET ADAKAN DIKTIM 2020 “ Expand your Mind with Research and Technology”

Meskipun masih dalam suasana Covid-19 , pada era new normal, Minggu 1 November 2020, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penalaran dan Riset Institut Hindu Dharma Negeri  (IHDN) Denpasar (yang kini telah bertransformasi menjadi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar) mengawali bulan ini dengan melaksanakan kegiatan Pendidikan Karya Tulis Ilmiah (DIKTIM) 2020 secara luring, dengan tetap melaksanakan  Phisical Distencing sesuai anjuran Keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia, Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020. Kegiatan inipun bisa dilaksanakan secara langsung bertempat di Aula Kampus IHDN Denpasar dengan protokol kesehatan. Kegiatan DIKTIM 2020 (Pendidikan Karya Tulis Ilmiah) merupakan salah satu program kerja  UKM Penalaran dan Riset yang dilakukan satukali dalam satu periode kepengurusan. Kegiatan ini sebenarnya sudah melalui tahapan pra-DIKTIM yang dilakukan sehari sebelumnya dengan acara, technical meeting panitia, penyamaan persepsi instruktur pendamping team project, dan persiapan lainnya. Demikian pula akan dilakukan tindakan lanjutan dalam post-DIKTIM beberapa minggu ke depan dengan presentasi project dan pendampingan produksi artikel.

Vertia Agustine selaku Ketua Panitia DIKTIM 2020 dalam laporannya mengungkapkan, Kegiatan DIKTIM kali ini mengambil tema “Expand Your Mind with Research and Technology sebagai bentuk dan upaya untuk lebih menekankan para penulis berpikir terbuka terhadap dunia dan segala perubahannya, serta dapat memanfaatkan teknologi untuk mempermudah penelitian dan riset di era milenial ini  serta untuk menarik minat mahasiwa/i di lingkungan Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar untuk melakukan penelitian dan riset, sehingga terbentuk generasi muda yang unggul (human excellence). Kegiatan DIKTIM ini juga dilatar belakangi oleh salah satu misi UKMPR dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas karya tulis ilmiah di masyarakat terutama di lingkungan IHDN Denpasar dan membatu mahasiswa/i untuk menerbitkan produksi karya-karya ilmiah termasuk artikel riset, dan buku yang Ber-ISBN.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 30 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang Jurusan dan Fakultas yang berbeda-beda terdiri dari Fakultas Dharma Acarya, Fakultas Brahma Widya dan Fakultas Dharma Duta. Seluruh anggota merupakan anggota baru dalam UKM Penalatan dan Riset Unoversitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

DIKTIM 2020 kali ini dimulai pukul 08.00 WITA untuk melaksanakan registrasi dan dilanjutkan dengan acara pembukaan serta ucapan selamat datang dan bergabung menjadi keluarga besar UKMPR dari ketua UKMPR Niluh Ari Kusumawati, dilanjutkan dengan  acara sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Rektor yang diwakilkan oleh Wakil Rektor III IHDN Denpasar yakni Bapak Dr.Drs.Ida Bagus Gede Candrawan,M.Ag. Wakil Rektor dalam sambutannya menyatakan bahwa ikut bangga dengan  semua pencapaian yang telah diraih oleh UKMPR, dan dalam sambutannya beliau juga medukung dengan penuh kegiatan UKMPR untuk sesegera mungkin direlisasikan dan beliau berharap ke depannya banyak peneliti-peneliti muda yang unggul dan menghasilkan berbagai karya yang bisa diterbitkan serta dinikmati oleh kalayak umum yang terlahir dari UKMPR. Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti DIKTIM yaitu penyajian materi yang diawali dengan memperkenalkan Budaya Organisasi UKMPR yang dibawakan oleh  I Made Budiasa,S.Sos,M.Si selaku Pembina UKM Penalaran dan Riset, Niluh Ari Kusumawati selaku Ketua UKMPR 2020, Dewa Ayu Putu Tuty Setiarsih selaku DPO eks ketua UKMPR tahun 2017, I Komang Ramadi Putra DPO eks ketua UKMPR tahun 2019. Acara dilanjutkan dengan Materi Motivasi Menulis dan Organisasi Penalaran dan Riset yang dibawakan oleh Psikolog Ni Luh Arick Istriyanti, S.Psi., M.Psi. setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberian materi Strategi Memilih Isu, Judul Artikel Ilmiah dan Pemanfaatan Teknologi oleh  Dr. I Gede Suwindia, S.Ag.,MA Ketua STAH Mpu Kuturan Singaraja.  Materi selanjutnya dibawakan oleh I Made Budiasa, S.Sos.,M.Si dengan Judul Sistematika Artikel Ilmiah dan Metode Riset yang Adaptif pada Era New Normal yang dilanjutkan dengan praktik team project yang diikuti oleh seluruh peserta DIKTIM 2020. Team project Artikel Ilmiah didampingi oleh I Made Adi Wirawan, S.Ag., M.Ag yang juga membahas penggunaan teknologi referensi Mendeley dan memandu teamwork menulis kolaboratif secara online. Team Project pada masing-masing kelompok juga didampingi oleh tujuh instruktur pendamping yakni Gede Agus Siswadi,S.Pd, I Made Ariyanta S.Fil, I Komang Ramadi Putra, S.Sos, Niluh Ari Kusumawati, Ni Ketut Puspita Sari, Ni Luh Komang Indah Sari, dan  I Dewa Gede Darma Permana.

Team Project terdiri dari tujuh team yang secara learning by doing memproduksi artikel ilmiah didamingi oleh para instruktur pendamping dan BPH UKMPR, Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada para Narasumber, Instruktur, moderator, serta Media Partner UKM Fotografi serta UKM Pers IHDN Denpasar serta foto bersama dengan seluruh peserta dan panitia. Penutupan dilakukan dengan doa dan duduk hening serta pengumuman-pengumuman tindak lanjut evaluasi, dan kegiatan E-Productivity Class Edisi post DIKTIM yang akan dilakukan beberapa minggu ke depan.