CALON ANGGOTA MENWA UHN I GUSTI BAGUS SUGRIWA DENPASAR IKUTI PRADIKLATSAR DI KAMPUS PUSAT, BANGLI
Dokumentasi Kegiatan UHN Sugriwa - Pusdok Humas(may)

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

BANGLI, UHN SUGRIWA – Calon anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Ugraçena Bali Satuan B-923/Widya Yudha UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar mengikuti Pra Pendidikan dan Latihan Dasar (Pradiklatsar) Angkatan XXXVII yang dilaksanakan Komando Menwa Ugraçena Bali, 10-12 Maret 2023 di kawasan kampus pusat UHN Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Bangli.

Sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), calon anggota Menwa Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar diwajibkan mengikuti kegiatan Pradiklatsar sebelum mengikuti kegiatan Diklatsar nantinya. Adapun tujuan kegiatan rutin ini, guna membentuk jiwa korsa dalam UKM dan merupakan persiapan awal untuk bisa mengikuti kegiatan Diklatsar bagi anggota baru.

Pradiklatsar Resimen Mahasiwa Ugracena Bali dibuka secara resmi oleh Komandan Menwa Ugraçena Bali yang notabene merupakan Rektor Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si. Pembukaan juga dihadiri para rektor dan pembina setiap perguruan tinggi yang menaungi UKM Menwa, Komandan Kodim Bangli, Kapolres Bangli, Lurah Kubu, Kepala Lingkungan Kubu, Babinsa Kubu, Bhabinkamtibmas Kubu, serta para Komandan Satuan.

Dalam pengarahannya, Prof I Gusti Ngurah Sudiana menyatakan, mahasiswa yang nantinya tergabung dalam Menwa harus memiliki kedisiplinan yang lebih tinggi, sebab mereka mendapat pendidikan dan pelatihan dasar-dasar kemiliteran dan bela negara. “Ini akan menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya,” ungkapnya.

Baca juga :
Pendaftaran MABA Gelombang I

Prof I Gusti Ngurah Sudiana juga meminta Komando Latihan agar mengedepankan pembinaan dan menghindari segala bentuk tindakan kekerasan. Hal ini penting untuk membentuk karakter generasi muda yang patriotik, loyal, disiplin, dan bertanggung jawab dengan moral yang baik. Sehingga anggota Menwa memiliki pengetahuan dan sikap yang positif untuk kemajuan pribadi, bangsa, dan negara, terlebih almamater.

Kegiatan ini diikuti 68 orang calon anggota Menwa dari sembilan perguruan tinggi yg ada di Bali. Selain dari UHN IBG Sugriwa, ada pula dari UNHI, Unmas, Undiknas, Unwar, Undiksha, UPMI Denpasar, Itekes Bali, dan STAHN Mpu Kuturan Singaraja.

Beberapa pengetahuan dan keterampilan yang diberikan, yakni Wawasan Kebangsaan, Empat Konsensus, Kedisiplinan, Kesamaptaan, Leadership, Peraturan Baris-berbaris, Tata Upacara, survival, dan berbagai materi lainya tentang Kemenwaan. (may)

.Pusdok-Humas-Uhn Sugriwa

#UHN Sugriwa